Detail Berita

Rapat Kerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Highslide JS 11 Agustus 2017 / AMA Amiruddin
Program Prioritas

Kegiatan Rapat Kerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dilaksanakan selama 2 hari terhitung dari tanggal 11 hingga 12 Februari 2017 bertempat di Same Resort Bulukumba. Lokasi ini terletak di bagian selatan Provinsi Sulawesi Selatan yang berjarak kira-kira 200 km dari kota Makassar.

Seluruh peserta Rapat Kerja meliputi jajaran pimpinan LP2M, staf LP2M, tenaga dosen yang diperbantukan sebagai staf khusus Pusat-pusat yang berada di bawah LP2M, dan Satgas pengabdian UIN yang dikoordinir oleh Pusat Pengabdian Masyarakat. Di samping itu, beberapa pihak juga turut hadir sebagai undangan, baik selaku pimpinan UIN maupun stakeholders yang banyak berpartisipasi dalam menyukseskan kegiatan-kegiatan kelembagaan.

Tujuan utama Rapat Kerja Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat adalah untuk penyamaan persepsi dan pemahaman tentang kegiatan LP2M dan Pusat-pusat, baik dalam konteks administrasi, prosedur perencanaan kegiatan, pengajuan anggaran, kelancaran dan dokumentasi kegiatan serta laporan akhir kegiatan. Di samping itu, kegiatan Raker ini juga dimaksudkan untuk mengevaluasi seluruh kegiatan LP2M dan Pusat-pusat yang telah dilaksanakan sebagai cerminan untuk pelasanaan kegiatan selanjutnya.

Tujuan lainnya adalah untuk mempertemukan seluruh program kegiatan kelembagaan dan pusat-pusat yang berada di bawah naungan LP2M, merancang jadwal bagi seluruh kegiatan LP2M dan Pusat-pusat tahun 2017 dan mempersiapkan program kerja LP2M dan Pusat-pusat untuk tahun anggaran 2018.

Kegiatan Raker yang berlangsung selama dua hari menghasilkan kesepakatan mengenai waktu pelaksanaan setiap kegiatan lembaga dan pusat-pusat dalam satu rangkaian yang dinamis, sehingga diharapkan selama pelaksanaan kegiatan di tahun 2017, tidak terjadi penjadwalan yang tumpang tindih.

Untuk program kegiatan tahun 2018, rancangan kegiatan yang dihasilkan, di samping masih mempertahankan program serupa di tahun 2017 yang sejalan dengan dua unsur utama dari Tri Darma Perguruan Tinggi, ditambahkan pula program-program inovatif yang mendukung visi dan misi UIN selaku Universitas Islam Negeri di timur Indonesia, dan memenuhi tanggung jawab kelembagaan, keumatan dan ke-Indonesia-an.