Profil LP2M

Profil LP2M

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) UIN Alauddin yang ada sekarang, sejak kehadirannya mengalami metamorfosa seiring dengan perkembangan waktu dan situasi yang mengitarinya. Pada periode pertama antara tahun 1979 sampai 1985 dalam kepemimpinan Rektor Drs. H. Moerad Usman kala itu, Lembaga ini tampil dengan nama Lembaga Penelitian dan Pengembangan Masyarakat yang dinakhodai oleh seorang perempuan bernama Dra. Baego Ishak, M.Ed. Lembaga ini membawahi dua pusat yaitu Pusat Penelitian dan Pengembangan Masyarakat dikepalai Drs. Amir Paita,S H. Sementara Pusat Pengabdian pada Masyarakat dikepalai oleh Drs. H. Mannan Nur.
 
Seiring dengan perjalanan waktu dengan Pergantian rektor IAIN dari Drs. H. Moerad Usman kepada Dra. Hj. Andi Rasdianah (tahun 1985-1988) kepemimpinan di tubuh LP3M pun turut berubah dari LP3M menjadi Lembaga Penelitian dan Hubungan Masyarakat (LPHM) yang diketuai oleh  Drs. Amir Paita SH sebagai LPP dan Drs. H. Mannan Nur di LPHM.
 
Dalam periode berikutnya antara tahun 1988 sampai 1995 di bawah kepemimpinan rektor Drs. H. M Saleh A Putuhena menjadi Balai Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP3M) yang dikepalai oleh Drs. H. Amir Paita, SH, dengan membawahi dua balai yaitu Balai Penelitian dijabat oleh Drs. Abd. Qadir Gassing HT, M.S dan Balai Pengabdian pada Masyarakat oleh Drs. H. Aminuddin Raja. Antara tahun 1998 sampai 2003 dibawah kepemimpinan rektor IAIN Prof Dr. H. Abd. Muin Salim, Penelitian dan Pengabdian dipisahkan. Pada periode itu Kepala pusat penelitian dijabat oleh Prof. Dr. H. Natsir Mahmud, sedangkan Kepala Pusat pengabdian kepada Masyarakat dijabat oleh Drs. H. Ismail Adam. Pada tahun 2003-2008 dengan kepemimpinan Prof. Dr. H. Azhar Arsyad sebagai rektor dua periode, Kepala pusat penelitian dijabat masing-masing Prof. Dr. H. Radhi Al- Hafid, MA  antara tahun 2003-2004. Dr. Sabri AR dari tahun  2004-2008. Dan   Hamdan Juhannis MA, Ph.D  pada tahun 2008.
 
Sedangkan Kepala Pusat Pengabdian pada Masyarakat berturut-turut dijabat oleh Drs. H. Gazali Suyuti, M.HI. Selanjutnya nama Pusat Pengabdian berubah namanya menjadi Lembaga Pusat Pengabdian yang dikepalai oleh Prof. Dr. H. Sattu Alang, MA dengan sekertaris oleh Drs. Natsir Siola, MA. Pada tahun 2012 sekretaris berganti ke Drs. H. Syamsul Bahri, M.Si.
 
Antara tahun 2008 sampai 2010 Lembaga Penelitian dipimpin Oleh Prof. Dr. Ali Parman. Seiring dengan pergantian rektor dari rektor lama Prof Dr. H. Azhar Arsyad, M.A kepada Prof Dr. H. Qadir Gassing periode tahun 2010 sampai 2014 Ketua Pusat Penelitian dijabat oleh  Dr. H. Abd Rasyid Masri S.Ag. M.Pd. M.Si  dengan sekertaris Dr. Andi Suarda.
 
Berdasarkan peraturan Menteri Agama RI No. 25 tahun 2013 tentang Organisasi dan Tata Kerja (ortaker) UIN Alauddin Makassar tertanggal 28 Maret 2013, maka  kedua lembaga tersebut di atas berubah  menjadi Lembaga Penelitian  dan  Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) yang dikepalai oleh Prof. Dr. H. Bahaking Rama, MS dengan sekertaris Muhamad Wayong, M.Ed.M.,Ph.D. Lembaga ini membawahi lima pusat masing-masing:
1. Pusat Penelitian  dan Penerbitan (PUSLITPEN) dikepalai oleh Dr. H. Abd. Rasyid Masri, M. Pd. M.Si.
2. Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPkM) dikepalai oleh Prof. Dr. H. M. Sattu Alang, MA.
3. Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) yang dikepalai oleh Dra. Hj. Aisyah Kara, MA, Ph. D.
4. Pusat  Kajian  Islam, Sains dan Teknologi (PUSKAISTEK)  yang dikepalai oleh Prof. Hamdan Juhannis, MA,  Ph.D.
5. Pusat Peradaban Islam Sulawesi selatan (PPI) dikepalai oleh Prof. Dr. H. Ahmad Abu Bakar, M. Ag. yang kemudian digantikan oleh Drs. Abd. Rahman R, M. Ag

Dan sekarang berdasarkan Keputusan Rektor UIN Alauddin Makassar Nomor : Un.06../Kp.07 6/840/2015 periode ini Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat ( LP2M ) dikepalai oleh Prof. Dr. Muhammad Saleh Tajuddin, MA dengan Sekretaris Andi Muhammad Ali Amiruddin, S. Ag., MA. Lembaga ini membawahi lima (5) pusat masing-masing :

1. Pusat Penelitian  dan Penerbitan (PUSLITPEN) dikepalai oleh Dr. Muh. Sain Hanafy, M. Pd.
2. Pusat Pengabdian kepada Masyarakat (PPM) dikepalai oleh Drs. H. M. Gazali Suyuti, M. HI.
3. Pusat Studi Gender dan Anak (PSGA) yang dikepalai oleh Dra. Hj. Hartini Tahir, M. HI.
4. Pusat  Kajian  Islam, Sains dan Teknologi (PUKISTEK)  yang dikepalai oleh Drs. Wahyuddin Halim, M.A.,M.A.,Ph. D
5. Pusat Peradaban Islam Sulawesi selatan (PUSDABIS) dikepalai oleh Dr. Hamiruddin, M. Ag.
 
Adapun tugas yang diemban oleh LP2M adalah melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan menilai kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat berdasarkan kebijakan rektor.
 
Dari tugas-tugas tersebut, LP2M menyelenggarakan fungsi:
1. Pelaksanaan penyusunan rencana, evaluasi program, dan anggaran serta pelaporan.
2. Pelaksanaan penelitian ilmiah murni dan terapan
3. Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat
4. Pelaksanaan publikasi hasil penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
5. Pelaksanaan studi gender dan anak
6. Pelaksanaan kajian Islam, sains, dan teknologi
7. Pelaksanaan peradaban Islam
8. Pelaksanaan administrasi lembaga